Pola Makan untuk Penderita Batu Ginjal

Makanan sehat untuk penderita batu ginjal terdiri dari buah-buahan dan sayuran.

0
1224

Pola makan penderita batu ginjal terdiri dari buah seperti: pepaya, apel, mangga, semangka. Dari jenis sayur misalnya kol, kangkung, wortel, buncis, kacang panjang, dll. Bayam tidak dianjurkan bagi penderita batu oksalat.

Tip sehat: Pola makan penderita batu ginjal

Periksa hasil laboratorim sebelum memilih pola makan mana yang cocok. Hasil pemeriksaan laboratorium dapat menunjukkan nilai kreatinin dan ureum yang cukup tinggi bagi penderita batu ginjal. Feses berwarna hitam pekat, keringat dingin, jantung berdetak keras, tidak kuat berdiri, dan mual-mual isa menandakan kolik. Ini akibat endapan batu yang melukai saluran ginjal. Kotoran berwarna hitam juga dapat disebabkan oleh adanya penderahan kronis di bagian dalam tubuh. Pendarahan kronis dapat menyebabkan anemia.

Jika anemia berasal dari luka pada ginjal maka pola makan sebaiknya dikonsentrasikan untuk membantu menyehatkan ginjalnya dulu. Kurangi makanan berlemak tinggi termasuk daging, telur, susu, santan, dan gorengan. Sumber karbohidrat pati juga dikonsumsi secukupnya dan pilih yang lebih alami seperti beras merah, ubi merah, dan jagung. Pisang rebus dapat digunakan untuk menggantikan nasi tetapi konsumsi secukupnya karena hampir mendekati nasi. Hindari semua makanan yang mengandung pengawet, pewarna, dan zat-zat sintesis lainnya. Ini akan membantu mengurangi beban sel-sel ginjal membuang sampah metabolisme.

pola makan penderita batu ginjal

Pola makan penderita batu ginjal terdiri dari buah-buahan dan sayuran. Tetapi tidak semua buah dan sayur cocok bagi mereka.

Buah-buahan yang dapat dikonsumsi antara lain: pepaya, apel, mangga, dan semangka (sedapat mungkin yang organik). Hindari kelompok buah sitrus (jeruk) kecuali lemon atau jeruk nipis.

Sayuran yang dapat dikonsumsi antara lain: kol, kangkung, wortel, buncis, kacang panjang, daun ketela rambat, mentimun, dan lobak. Sayuran lain tetap dapat dikonsumsi selama tidak meningkatkan kadar kreatin dan ureum. Namun, sebaiknya sebagian sayuran dikonsumsi mentah, bisa dijus atau dimakan sebagai lalapan.

Minum segelas air putih dicampur jus lemon/jeruk nipis (1-2 buah) setiap pagi dapat membantu menghancurkan batu ginjal.

Berhati-hatilah mengonsumsi obat nyeri atau obat lainnya. Jangan melakukan pengobatan sendiri, konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi obat-obatan. Pola makan sehat sangat membantu.

Pengobatan batu ginjal dengan bahan-bahan herbal

Menerapkan pola makan penderita batu ginjal sudah cukup memadai untuk membantu penyembuhan. Meskipun demikian, alternatif lain perlu dicoba, bahan-bahan herbal seperti angkak, binahong, dan sebagainya. Konsultasikan dengan ahlinya, agar tepat dosis dan penggunaannya. Pengobatan dengan herbal relatif tidak berisiko, tetapi harus sesuai dengan kondisi kesehatan masing-masing orang. Dosis/takaran harus tepat, karena jika kurang mungkin tidak efektif, sebaliknya jika melebihi kebutuhan, beberapa bahan bisa menimbulkan keracunan.

Dan jangan lupa untuk tetap bersabar dan terus berdo’a untuk memohon kesembuhan.

Apa itu batu ginjal?

Penyakit batu ginjal atau nefrolitiasis adalah suatu kondisi ketika material keras terbentuk di dalam ginjal. Material tersebut berasal dari zat-zat limbah di dalam darah yang disaring oleh ginjal. Sebagian limbah ini kemudian mengendap dan mengkristal seiring waktu menyerupai batu.

Pola Makan untuk Penderita Batu Ginjal
Diagram irisan ginjal dan letak batu ginjal. Disebelahnya adalah batu ginjal.

Penderita batu ginjal dapat mengalami nyeri pinggang. Tanda lainnya adalah saat buang air besar tinjanya berwarna hitam pekat. Selain itu, penderita batu ginjal juga merasa mual, jantung berdetak keras, dan badan berkeringat dingin. Penderita harus menerapkan pola makan yang sehat. Pola makan seperti apa yang cocok untuk penderita batu ginjal? Mengatur pola makan penderita batu ginjal berguna untuk membantu menyehatkan ginjalnya.

Lebih lengkap tentang penyakit ini, silahkan baca artikel kami: Batu Ginjal, penyebab, gejala, dan penanganan/pengobatannya.

Perhatikan! Artikel ini bukanlah pengganti dokter. Informasi dalam artikel ini hanyalah saran. Tindakan yang paling tepat untuk mengobati penyakit batu ginjal adalah dengan petunjuk dokter atau praktisi ahli terpercaya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.