Penyebab Rambut Beruban Usia Muda

0
50
Penyebab Rambut Beruban Usia Muda
Credit: Adobe Stock

Rambut beruban adalah proses yang alami. Lain halnya jika rambut Anda berubah menjadi putih pada usia muda, ini disebut uban prematur dan membutuhkan perhatian medis. Beberapa penyebabnya adalah merokok, pola makan yang salah, stres dan metode perawatan rambut yang keliru. Alasan lain penyebab rambut beruban di usia muda adalah kekurangan vitamin B12, ketidakseimbangan hormon dan menopause dini.

Seiring bertambahnya usia seseorang, kemampuan untuk mensintesis pigmen melanin menurun. Pigmen ini bertanggung jawab untuk memberikan warna hitam pada rambut Anda. Saat melanin berkurang, Anda akan melihat rambut Anda mulai berubah menjadi putih. Meskipun ini bukan masalah yang gawat tetapi Anda harus mewaspadai penyebab rambut beruban sehingga Anda dapat melakukan perawatan yang efektif.

Penyebab Rambut Beruban dari Dalam Tubuh

Genetik

Alasan utama atau penyebab rambut beruban pada usia dini adalah faktor genetik. Keturunannya lebih cenderung memiliki rambut beruban di awal kehidupan jika orang tua mereka mengalami hal yang sama. Jika ini akar masalahnya, maka tidak ada yang bisa Anda lakukan untuk mengobatinya. Setidaknya di masa sekarang ini.

Gangguan Tiroid

Salah satu alasan uban adalah gangguan pada kelenjar tiroid. Tiroid yang kurang aktif atau terlalu aktif dapat memengaruhi produksi melanin di rambut dan menyebabkan uban prematur. Jadi, cobalah untuk memeriksa kadar tiroid Anda.

Stres

Stres dapat memiliki banyak efek berbahaya dan salah satunya adalah rambut rontok dan beruban prematur. Syok, kesedihan, dan kecemasan dapat mengurangi jumlah sel melanin, sehingga menyebabkan uban prematur.

Ketidakseimbangan hormon

Perubahan hormon sangat berkontribusi pada kondisi kulit dan rambut Anda. Ketidak seimbangan hormon tubuh dalam kondisi seperti kehamilan atau penyakit tiroid dapat menjadi penyebab rambut beruban prematur.

Menopause dini

Wanita yang menderita menopause dini berisiko mengalami uban prematur dan mungkin memerlukan perhatian medis.

Faktor Nutrisi

Kekurangan Vitamin B12

Kekurangan B12 telah dikaitkan dengan penyebab rambut yang cepat beruban. Vitamin B12, seng dan tembaga bertanggung jawab untuk memelihara rambut. Konsumsilah makanan yang cukup mengandung vitamin B12.

Vitamin C dan E

Jika tubuh menderita kekurangan vitamin C dan E, maka rambut menjadi abu-abu. Apa kaitannya? Kekurangan vitamin tersebut dapat menurunkan jumlah sel penghasil melanin dan oleh karena itu menyebabkan rambut beruban. Ini juga adalah salah satu penyebab rambut beruban pada usia muda.

Makanan cepat saji

Junk food adalah salah satu alasan rambut beruban di usia muda. Makanan sampah atau makanan olahan mempercepat penuaan dengan mengurangi produksi melanin di rambut. Orang yang sangat kecanduan junk food cenderung memiliki rambut beruban di usia muda.

Diet yang salah

Mengapa rambut saya beruban? Tidak memiliki diet yang seimbang berarti Anda kekurangan banyak nutrisi. Ketika tubuh Anda tidak mendapatkan pasokan vitamin dan mineral yang tepat, tubuh akan berhenti berfungsi dengan baik. Ini dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan, termasuk rambut beruban.

Kekurangan asam folat

Asam folat sangat penting untuk banyak proses tubuh. Kekurangan vitamin ini mungkin tidak hanya memperlambat pertumbuhan rambut Anda, tetapi juga dapat menjadi penyebab rambut beruban.

Merokok

Merokok juga merupakan salah satu faktor yang menyebabkan rambut cepat beruban. Merokok menghasilkan radikal bebas dalam tubuh perokok dan radikal bebas ini mengurangi melanin, akibatnya rambut beruban.

Penyebab Rambut Beruban dari Luar Tubuh

Penggunaan berlebihan alat pengering listrik dan setrika rambut

Ini membuat batang rambut lemah. Panas yang dihasilkan oleh alat dapat memengaruhi produksi melanin pada rambut dan bisa menjadi penyebab rambut beruban.

Kondisi kulit kepala yang kotor

Kulit kepala yang kotor karena kebersihan yang tidak terjaga bisa menjadi penyebab rambut beruban dini. Jika Anda tidak merawat rambut Anda dengan baik, mungkin akan menjadi abu-abu.

Pewarna rambut

Penggunaan pewarna rambut yang sering dapat merusak rambut. Bahan kimia yang ada di dalamnya juga dapat merusak sel melanin. Hal ini dapat menyebabkan rambut menjadi uban lebih awal.

Cuci rambut dengan air mineral

Air yang mengandung mineral dan oksidator menyebabkan rambut rontok. Selain itu, rambut kering, kusam, tipis dan keriting juga. Di Indonesia jarang sekali kita menemukan orang mandi dan mencuci rambut menggunakan air keras (kandungan mineral tinggi).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.