Mengapa Nyamuk Suka Menghisap Darah Manusia?

Mengapa Nyamuk Demam Berdarah Suka Darah Manusia?

Mengapa nyamuk suka menghisap darah manusia dan menyebabkan penyakit demam berdarah? Bisakah nyamuk hidup tanpa meminum darah? Artikel ini membantu Anda menemukan jawabannya.

Sekilas Tentang Nyamuk

Nyamuk termasuk ke dalam ordo Diptera dan famili Culicidae. Hidup tersebar di seluruh dunia mulai dari daerah tropika sampai ke daerah kutub. Di seluruh dunia, diperkirakan terdapat sekitar 3100 spesies nyamuk. Apakah semua spesies nyamuk suka menghisap darah? Jawabanyya adalah tidak.

Mereka juga lebih suka menghisap darah di siang hari. Dua jam setelah matahari terbit dan beberapa jam sebelum matahari terbenam adalah masa favorit. Tentu saja, mereka bisa menggigit kapan saja. Nyamuk ini berkembang biak di tempat yang dekat dengan manusia, seperti bak mandi, tempayan, drum, vas bunga, dll.

Nyamuk Demam Berdarah Si Penghisap Darah

Jenis nyamuk yang suka menghisap darah manusia adalah Aedes aegypti, nyamuk penular demam berdarah dan demam kuning. Oleh karena itu, nyamuk ini disebut juga nyamuk demam berdarah. Nyamuk betina menghisap darah manusia sedangkan nyamuk jantan menghisap cairan tumbuhan (nektar). Mengapa nyamuk demam berdarah suka darah manusia?

Mengapa Nyamuk Suka Menghisap
Darah Manusia

Setiap makhluk hidup memiliki preferensi makan berbeda, artinya lebih menyukai makanan tertentu dibandingkan makanan lainnya. Begitu juga dengan nyamuk demam berdarah. Ia lebih memilih darah manusia dibandingkan darah hewan. Uniknya, ini hanya perilaku nyamuk betina, adapun sang jantan memilih cairan tumbuhan. Jadi, nyamuk jantan tidak pernah menggigit Anda.

Mereka menggunakan protein dan zat besi yang ada dalam darah untuk memproduksi telur. Inilah alasan mengapa nyamuk suka menghisap darah manusia. Oleh karena itu, nyamuk betina lebih agresif menyerang manusia ketika ia memproduksi telur. Di lain waktu, mereka memakan nektar dan air, sama seperti jantan. Setelah mengigit manusia, nyamuk ini akan beristirahat di tempat gelap dan sejuk, sampai proses penyerapan darah selesai. Setelah itu ia akan mencari tempat yang berair dan bertelur.

Alasan lain mengapa nyamuk suka menghisap darah manusia dikemukan oleh Harrington dalam sebuah jurnal yang diterbitkan di BioOne*. Aedes aegypti lebih suka darah manusia adalah untuk meningkatkan kebugaran nyamuk, cadangan energi, dan kontak dengan host manusia. Kontak dengan manusia memberi dua keuntungan bagi nyamuk. Pertama, untuk menghisap darah; kedua, untuk menyebarkan penyakit. Perilaku ini menjadikannya penyebar patogen yang sangat efektif terhadap manusia. Meskipun nyamuk demam berdarah suka darah manusia tetapi bukan berarti ia tidak mau darah selain manusia. Di laboratorium, nyamuk Aedes aegypti diberikan darah tikus sebagai pakannya.

Mungkin Anda tertarik membaca artikel ini: Mengapa Mata Kucing Bercahaya di Malah Hari?

Referensi:

* Why Do Female Aedes aegypti (Diptera: Culicidae) Feed Preferentially and Frequently on Human Blood?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.