Manfaat Biologi Bagi Kehidupan Manusia

1275

Biologi adalah ilmu yang mempelajari semua aspek makhluk hidup. Mulai dari zat kimia penyusun bentuk-bentuk kehidupan hingga di mana dan bagaimana bentuk kehidupan tersebut hidup. Biologi berkaitan erat dengan ilmu lain seperti kimia, fisika, bahkan ilmu-ilmu sosial. Lalu, apa manfaat biologi bagi kehidupan kita?

Biologi merupakan ilmu murni yang mendasari perkembangan di bidang pertanian, peternakan, kedokteran, farmasi dan industri.

Manfaat Biologi

Sebuah ilmu haruslah bermanfaat bagi kesejahteraan manusia. Ada banyak manfaat biologi bagi kehidupan manusia. Sebagai contoh, lihatlah gambar di bawah, yang merupakan penerapan ilmu biologi di bidang pertanian.

Manfaat Biologi bagi Kehidupan Manusia
Semangka tanpa biji adalah contoh penerapan ilmu biologi.

Contoh lain dapat Anda lihat pada penjelasan berikut.

Bidang Pertanian

Manfaat biologi di bidang pertanian antara lain:

  • Cara pengolahan lahan dan teknik penanaman.
  • Penyediaan dan pemilihan bibit unggul. Penemuan bibit unggul yang tahan hama, cepat panen, hasil panen tinggi, membantu pemenuhan kebutuhan manusia akan pangan.
  • Mutasi buatan berbagai komoditas pertanian, seperti semangka tanpa biji.
  • Teknik pemberantasan hama. Tidak hanya menggunakan racun tetapi juga agen hayati.
  • Ditemukannya bakteri penambat nitrogen dari udara (Rhizobium sp).
  • Pengembangan mikoriza, yaitu jamur yang bersimbiosis dengan tanaman.

Bidang Kedokteran

Manfaat biologi di bidang kedokteran contohnya:

  • Mengobati berbagai penyakit menular serta mengurangi berkembangnya wabah penyakit.
  • Teknik pengobatan modern telah memungkinkan pengobatan penyakit dalam dengn alat-alat bantu yang canggih.
  • Penemuan berbagai obat-obatan seperti antibiotikan dan hormon insulin dengan teknik penyisipan gen pada bakteri Escherchia coli.

Bidang Kesehatan

Penemuan dalam bidang rekayasa genetika dapat menjadi solusi bagi penyakit mematikan seperti kanker. Rekayasa genetika juga dimanfaatkan untuk menghasilkan hormon insulin dengan teknik rekombinan pada bakteri. Manfaat biologi yang lain di bidang kesehatan adalah teknik bayi tabung – fertilisasi in vitro dapat menjadi solusi bagi pasangan yang sulit memperoleh keturunan.

Pada prinsipnya, biologi membantu mengidentifikasi penyebab berbagai penyakit pada manusia dan cara menanggulanginya. Sebagai contoh, binahong dapat digunakan untuk mengobati luka.

Manfaat Biologi Di Bidang Industri

Biologi memiliki peranan di bidang industri, seperti industri pengolahan makanan, industri farmasi, industri tekstil, dan industri pupuk. Dengan mengembangkan pengetahuan biologi, para ahli farmasi dapat menemukan berbagai macam obat, vaksin, ataupun anti bakteri.

Biologi juga membantu memahami berbagai proses kehidupan seperti metabolisme, pewarisan sifat, daur energi, jaring-jaring makanan, dan sebagainya. Membantu mengkaji permasalahan lingkungan dan upaya-upaya untuk melestarikan lingkungan hidup.

Bahaya Biologi

Namun demikian, di balik manfaat yang sangat besar bagi kehidupan, biologi juga dapat menimbulkan bahaya. Misalnya kemungkinan penggunaan senjata biologi di dalam peperangan. Apabila senjata biologis yang berisi bakteri diluncurkan ke suatu wilayah, maka penduduk di wilayah tersebut akan mengalami pandemi penyakit. Contohnya adalah Bacillus antracis yang merupakan penyebab penyakit antraks.

Melalui pengetahuan biologi, dan didukung kemajuan ilmu dan teknologi, manusia dapat mengeksploitasi kekayaan alam dengan tanpa batas. Ini berbahaya, sebab keseimbangan alam akan terganggu.

Ancaman penurunan keanekaragaman hayati saat petani lebih memilih tanaman unggul tertentu (pertanian monokultur) saja. Sebab tanaman lain akan terabaikan dan mungkin akan punah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.