Karakteristik Fungi (Ciri-ciri Jamur)

0
92
karakteristik fungi - ciri fungi

Karakteristik fungi yang membedakannya dengan tumbuhan hijau adalah fakta bahwa jamur tidak memiliki klorofil. Di samping itu, masih banyak lagi ciri jamur lainnya bisa Anda temukan dalam artikel ini.

Sekilas Tentang Fungi

Pada mulanya fungi dan tumbuhan hijau berada dalam satu Kingdom (kerajaan), yaitu Kingdom Plantae. Namun, dalam sistem klasifikasi enam kingdom, fungi merupakan kingdom tersendiri, Kingdom Fungi. Kingdom fungi dikelompokkan lebih lanjut ke dalam empat subkelompok utama; Zygomycota Ascomycota, Basidiomycota, Deuteromycota.

Jamur (fungus; jamaknya fungi) dapat menyebabkan penyakit pada manusia tetapi juga dapat digunakan untuk membuat keju dengan proses fermentasi.

Baca juga: Klasifikasi Fungi (Jamur)

Ada lebih dari 200.000 spesies jamur. Namun, hanya 100.000 yang telah diidentifikasi. Cabang Biologi yang khusus mempelajari tentang jamur dikenal sebagai mikologi.

Karakteristik Fungi

Berikut adalah beberapa ciri fungi yang membedakannya dari organisme lain, yang paling mirip, misalnya tumbuhan.

  • Anggota kerajaan fungi memiliki sel-sel non-motil. Dinding sel sel non-motil ini terbuat dari kitin.
  • Fungi adalah organisme heterotrofik. Satu-satunya perbedaan antara hewan heterotrofik dan jamur lainnya adalah jamur mencerna dan kemudian memakan makanan. Jamur mengeluarkan enzim pada tubuh makhluk hidup lainnya dan tumbuh dengan subur pada mereka.
  • Jamur tidak memiliki klorofil, yang merupakan pigmen yang digunakan oleh tanaman untuk menghasilkan makanan. Kebanyakan jenis jamur bersifat saprofitik, yang menyiratkan bahwa mereka memakan materi yang mati dan membusuk.
  • Tidak ada tahap embrio untuk jamur. Jamur berkembang dari spora, dan bersifat seksual dan aseksual.

Meskipun sebagian besar fungi adalah sel tunggal, namun sebagian besar spesies tumbuh sebagai filamen multiseluler yang disebut hifa. Hifa membentuk suatu massa yang disebut miselium.

Ada karakteristik fungi yang sama dengan tumbuhan, yaitu seperti tanaman, fungi juga memiliki pergantian generasi.

Ciri jamur lainnya termasuk:

  • Ultrastruktur sitoplasma mirip dengan sel tumbuhan. Namun, mereka berbeda secara signifikan dalam struktur dan organel mereka.
  • Fungi menyimpan makanan mereka dalam bentuk glikogen.
  • Membran sel fungi memiliki sterol unik dan ergosterol.
  • Beberapa jenis fungi bersifat parasit dan dapat menyebabkan infeksi, sehingga memengaruhi inang.
  • Banyak jenis fungi memiliki inti kecil dengan DNA berulang.
  • Mitosis terjadi tanpa pembubaran selubung nukleus.
  • Fungi menyebar melalui proses pelepasan spora.

Beberapa fungi atau jamur bersifat makroskopik dan dapat dilihat dengan mata telanjang. Jamur merang adalah contoh bentuk makroskopik dari jamur.

Karakteristik fungi yang lain adalah fungi tidak bergantung pada cahaya dan bisa tumbuh ke segala arah. Fungi memiliki kemampuan untuk menyerang bagian dalam substrat dengan filamen serap.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.