Gejala Kanker yang Sering Diabaikan

565
Gejala Kanker, Faktor Pencetus, dan Pencegahannya

Gejala kanker pada setiap penderita kanker berbeda-beda. Tidak mudah mengenali suatu tanda atau gejala penyakit ini. Seringkali gejalanya mirip dengan penyakit lain. Baik pria atau wanita berpotensi memiliki sel kanker dalam tubuh.

8 Gejala Kanker yang Patut Diwaspadai

Beberapa gejala utama yang harus diperhatikan. Ini tidak memastikan kanker, tetapi jika menemukan gejala ini waspadalah dan segera bawa ke dokter! Jangan diabaikan dan diremehkan.

Keringat berlebih di malam hari. Ini bisa disebabkan oleh infeksi atau bisa juga efek samping obat tertentu. Hal ini juga sering dialami wanita menjelang menopause. Tapi keringat malam yang sangat berlebihan bisa menjadi tanda kanker.

Kesulitan bernapas. Sesekali mungkin kita pernah mengalami seperti kehabisan napas. Jika ini sering terjadi sepanjang waktu, segera periksa, mungkin gejala kanker.

Pendarahan vagina. Pendarahan yang terjadi di luar siklus haid, setelah berhubungan seksual, atau pasca menopause, dapat mengindikasikan adanya kanker.

Penurunan berat badan. Beritahu dokter Anda jika Anda kehilangan berat badan secara nyata dari waktu ke waktu tanpa alasan yang jelas. Meskipun napsu makan tetap sama dibandingkan sebelumnya.

Bisul (ulkus) di lidah atau mulut yang tidak kunjung sembuh. Biasanya terjadi bisul di mulut saat Anda mengalami tukak lambung. Lapisan mulut memperbaharui dirinya sendiri setiap 2 minggu atau lebih, itulah sebabnya bisul biasanya sembuh dalam kurun waktu ini. Tapi ulkus yang tidak sembuh setelah 3 minggu harus dilaporkan ke dokter atau dokter gigi. Mungkin gejala awal kanker.

Ada darah di feces (kotoran). Penyebab paling umum dari darah di kotoran (tinja) Anda  adalah wasir (hemoroid). Tapi darah di kotoran Anda terkadang bisa menjadi pertanda kanker.

Ada darah di urin (air kencing). Darah dalam kencing Anda harus segera dilaporkan ke dokter. Biasanya ini bukan disebabkan oleh kanker dan bisa diobati dengan cepat dan mudah, tapi bisa jadi pertanda atau gejala kanker.

Benjolan atau pembengkakan di tubuh. Benjolan atau pembengkakan yang terus-menerus di bagian manapun dari tubuh Anda patut diwaspadai dan harus ditangani dengan serius. Termasuk benjolan di leher, ketiak, perut, selangkangan, dada, payudara atau testis.

Ciri lain adalah rendahnya kadar plasma vitamin C yang ditemukan pada berbagai penderita kanker, baik dari penderita dengan kebiasaan merokok, maupun tidak.[1]

Gejala kanker di atas dapat diamati sendiri tanpa bantuan peralatan medis. Pergilah ke dokter untuk memastikan tanda yang Anda temukan benar-benar kanker atau bukan. Dokter akan melakukan pemeriksaan klinis dan paraklinis untuk memastikan tanda mengarah kepada kanker.

Referensi

1. “Vitamin C deficiency in cancer patients.”. St Gemma’s Hospice; Mayland CR, Bennett MI, Allan K. Diakses tanggal 03 Juli 2017.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.