Fungsi Lemak (Lipid) Bagi Tubuh Kita

0
82

Fungsi lemak bagi tubuh kita mencakup spektrum yang luas, mulai dari menyediakan energi hingga memproduksi hormon. Lemak, juga dikenal sebagai lipid, ia memainkan banyak peran yang penting dalam tubuh Anda. Anda tidak akan mampu mencerna dan menyerap makanan dengan benar tanpa lemak. Tentu saja, makan lebih banyak lemak daripada yang Anda butuhkan dapat menyebabkan peningkatan berat badan, tetapi dalam jumlah yang tepat lemak adalah bagian dari diet sehat Anda.

Fungsi Lemak (Lipid) dalam Tubuh Kita

Banyak jenis molekul dalam tubuh, seperti lemak, kolesterol, dan vitamin yang larut dalam lemak, masuk ke dalam kategori “lipid.” Penyimpanan energi adalah peran lipid yang paling umum dari banyak fungsi lipid. Mereka merupakan bagian dari struktur sel atau bertindak sebagai molekul pemberi sinyal. Peran penting lain, tetapi kurang umum dari fungsi lipid dalam tubuh termasuk aktivasi enzim, transportasi molekul dan metabolisme. Manusia harus mengkonsumsi lipid sebagai bagian dari diet mereka. Di samping itu, manfaat lemak bagi tubuh dirinci seperti berikut:

  • produksi energi dan penyimpanan/cadangan energi
  • isolasi dan perlindungan
  • pencernaan dan penyerapan makanan
  • struktur dinding sel
  • produksi hormon.

Produksi energi dan penyimpanan

Fungsi lemak yang utama dalam tubuh Anda adalah untuk memberikan energi bagi otot dan proses tubuh. Lemak adalah energi yang padat, yang mengandung 9 kalori per gram, sedangkan protein dan karbohidrat mengandung hanya 4 kalori per gram. Sekitar setengah dari bahan bakar yang dibutuhkan tubuh saat istirahat atau selama kegiatan sehari-hari berasal dari lipid. Jika Anda mengkonsumsi lebih banyak kalori daripada yang Anda butuhkan dalam satu hari, kelebihan energi disimpan sebagai lipid di sel-sel adiposa. Di antara makan dan selama beraktifitas tubuh Anda bergantung pada simpanan lemak ini untuk menyediakan energi.

Isolasi dan perlindungan

Lemak juga berperan dalam mengisolasi dan melindungi tubuh Anda. Anda memiliki lapisan lemak di bawah kulit yang membantu untuk menjaga suhu tubuh normal internal Anda terpisah dari suhu eksternal. Organ-organ vital Anda, seperti ginjal, memiliki lapisan lemak di sekitar mereka yang bertindak seperti bungkus gelembung untuk melindungi mereka dari cedera. Tanpa lapisan lemak ini, setiap benturan dan hempasan bisa menyakiti organ tubuh Anda.

Pencernaan dan penyerapan

Fungsi lemak dalam tubuh Anda sangat penting untuk pencernaan dan penyerapan makanan dan nutrisi. Asam empedu yang dihasilkan dari lipid pada hati Anda memungkinkan lemak dan air untuk campuran dalam usus Anda dan membantu dalam rincian dan penyerapan makanan. Lipid yang kemudian diperlukan untuk mengangkut vitamin larut dalam lemak, A, D, E dan K, dari usus Anda ke aliran darah Anda. Sel-sel Anda menggunakan vitamin ini untuk menjaga kesehatan Anda visi, kulit, tulang, gigi dan darah, menurut The National Institutes of Health.

Struktur dinding sel

Peran lipid, Asam linolenat dan asam linoleat, sangat penting untuk kesehatan Anda; mereka tidak bisa terjadi dalam tubuh Anda dan harus datang dari diet Anda. Mereka digunakan dalam produksi membran sel dan hormon, serta untuk mempertahankan visi dan mendukung sistem kekebalan tubuh. Lipid ini memberikan struktur dan dukungan untuk setiap dinding sel dalam tubuh Anda. Komunikasi antara sel-sel ini juga tergantung pada lipid di membran sel-sel Anda.

Produksi hormon

Mungkin Anda tidak menduga bahwa fungsi lemak juga termasuk memproduksi hormon. Kolesterol adalah jenis lemak yang diperlukan untuk memproduksi hormon steroid yang penting dalam tubuh Anda. Estrogen, testosteron, progesteron dan bentuk aktif vitamin D semua terbentuk dari kolesterol. Jenis lemak ini diperlukan untuk mempertahankan kehamilan, mengembangkan ciri-ciri seks dan mengatur tingkat kalsium dalam tubuh Anda. Menurut The American Heart Association, sekitar 25 persen dari kolesterol dalam darah Anda berasal dari makanan Anda. Sumber lemak dari makanan hewani, seperti kuning telur, keju dan udang, tetapi 75 persen lainnya telah dibentuk di hati dan sel-sel Anda.

Selain itu, banyak vitamin yang larut dalam lemak, yang juga bagian dari lipid, mempertahankan visi, membantu pertumbuhan tulang dan mempertahankan fungsi kekebalan tubuh. Beberapa molekul lemak juga berfungsi untuk mengangkut molekul-molekul lain melewati membran sel.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.