Definisi Sel – Pengertian Sel Menurut Ilmu Biologi

Apakah sel itu? Inilah beberapa definisi sel sebagai penyusun semua tubuh makhluk hidup.

definisi sel
Diagram struktur sebuah sel yang hanya dapat dilihat melalui mikroskop elektron.

Tubuh Anda tersusun atas triliunan sel, tetapi banyak makhluk hanya berupa sel tunggal. Ukuran sel bisa sedemikian kecil, sehingga tidak mungkin melihat satu sel tanpa mikroskop.

Banyak topik dalam biologi tergantung pada pemahaman tentang sel. Cabang ilmu biologi yang khusus mempelajari sel disebut sitologi.

Definisi sel

Berikut kami kutipkan beberapa definisi dari sumber yang berbeda. Kami sendiri memilih definisi yang dikemukakan oleh Sherwood.

Menurut Britanica, sel merupakan unit terikat membran dasar yang mengandung molekul dasar kehidupan dan yang terdiri semua makhluk hidup.

Definisi sel dari Wikipedia, sel didefinisikan sebagai unit dasar struktural, fungsional, dan biologis semua organisme hidup. Sel merupakan unit terkecil kehidupan. Sel sering disebut “blok bangunan kehidupan”.

Biology Dictionary: sel adalah unit dasar kehidupan. Dalam dunia modern, mereka adalah dunia terkecil yang melakukan semua fungsi hidup. Semua organisme hidup baik organisme satu sel, atau organisme multisel terdiri dari sel.

Sel juga didefinisikan sebagai bagian terkecil dari hewan atau tanaman yang dapat berfungsi secara mandiri. Setiap hewan atau tumbuhan terdiri dari jutaan sel.

Merriam-Webster: benda kecil biasanya mikroskopis yang dibatasi oleh membran semipermeable, biasanya mengandung satu atau lebih inti dan berbagai komponen lain, mampu sendirian atau berinteraksi dengan sel-sel lain melakukan semua dasar fungsi kehidupan, dan membentuk unit terkecil struktural kehidupan mampu berfungsi secara independen.

Definisi sel yang lebih rinci dapat Anda temukan dalam buku yang ditulis oleh Sherwood, “Fisiologi Manusia dari sel ke sistem”. Sel adalah satuan terkecil struktur dan fungsi suatu makhluk hidup yang mampu melaksanakan proses-proses yang berkaitan dengan kehidupan.

Sebuah sel bisa menjadi satu entitas kehidupan independen. Bakteri dan amuba, organisme bersel tunggal, adalah contoh bentuk paling sederhana kehidupan independen ini. Bakteri dan amuba hanya sebuah sel tetapi ia hidup dan mampu melaksanakan proses-proses kehidupan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.