Jenis Karbohidrat dan Komposisi Kimiawinya

Jenis karbohidrat ada tiga, yaitu monosakarida, disakarida, dan polisakarida. Komposisi kimiawi karbohidrat terdiri dari karbon, hidrogen, dan oksigen.

Apa itu Karbohidrat?

Karbohidrat adalah senyawa organik yang sangat penting dari segi biologi dan komersial. Senyawa ini merupakan zat makanan yang banyak menghasilkan energi. Oleh karena itu, karbohidrat merupakan pemasok utama energi untuk tubuh. Selain sebagai sumber energi, karbohidrat juga berfungsi dalam penyediaan bahan pembentuk protein dan lemak serta menjaga kesimbangan asam dan basa. Karbohidrat juga merupakan komponen kimia sel yang penting.

Jenis Karbohidrat

Karbohidrat dapat dibagi menjadi dua golongan, yakni gula sederhana dan gula majemuk. Jenis karbohidrat paling sederhana adalah gula sederhana atau gula tunggal disebut pula monosakarida. Seperti ditunjukkan oleh namanya, golongan ini terdiri dari satuan-satuan gula sederhana tunggal yang dimnamai sakarida (mono artinya satu”). Monosakarida yang umum dijumpai adalah glukosa, fruktosa, galaktosa, dan ribosa. Gula majemuk ada dua macam, yaitu disakarida dan polisakarida. Struktur molekul atau komposisi kimiawi karbohidrat dapat berbentuk rantai atau cincin.

Bentuk molekul glukosa: jenis karbohidrat yang penting
Dalam larutan, sebagian besar glukosa mengambil bentuk cincin.

Disakarida adalah gula yang terbentuk oleh pengikatan dua molekul monosakarida (di artinya “dua”). Beberapa contoh umum jenis karbohidrat ini adalah sukrosa (gula pasir biasa) dan laktosa (gula susu).

Karbohidrat yang ketiga adalah polisakarida, berupa suatu rangkaian molekul monosakarida. Rangkaian ini bisa terbentuk karena banyaknya gugus fungsional pada molekul karbohidrat maka banyak molekul karbohidrat sederhana yang mampu berikatan bersama-sama rantai panjang dan bercabang-cabang. Polisakarida berarti mengandung banyak unit sakarida (poli artinya “banyak”). Contoh jenis karbohidrat ini yang umum ada tiga, seluruhnya terbentuk dari unit glukosa adalah glikogen, tepung, dan selulosa.

Komposisi Kimiawi Karbohidrat

Semua jenis karbohidrat mengandung karbon, hidrogen, dan oksigen. Senyawa ini dinamai demikian karena sebagian besar mengandung ketiga unsur tersebut dalam perbandingan atom satu karbon terhadap dua hidrogen terhdapa satu oksigen. Perbandingan ini menyiratkan bahwa rumus kimianya adalah CH2O. Ini juga berarti bahwa senyawa ini sebenarnya adalah hidrat karbon (karbon “berair”), atau lebih dikenal dengan karbohidrat. Komposisi kimiawi karbohidrat memiliki banyak gugus fungsional per molekulnya. Gugus fungsional tersering dalam karbohidrat adalah alkohol, keton, dan aldehida-

komposisi kimiawi karbohidrat

atau gugus fungsional yang terbentuk oleh rekasi pasangan-pasangan dari ketiga gugus ini.

Jadi, ada tiga jenis karbohidrat, yaitu monosakarida, disakarida, dan polisakarida. Komposisi kimiawi tiap karbohidrat, setiap jenis secara kimiawi mengandung karbon (C), hidrogen (H), dan oksigen (O).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.