Hakikat Biologi sebagai Ilmu dan Objek Permasalahan Biologi

Setelah mempelajari materi ini, Anda mampu memahami dan menguasai: (1) hakikat biologi sebagai ilmu; (2) objek permasalahan biologi.

Baca juga: Pengantar Biologi

Hakikat Biologi sebagai Ilmu

Biologi berasal dari bahasa Yunani yaitu bios yang berarti hidup dan logos yang berarti ilmu. Jadi, biologi merupakan ilmu yang mempelajari makhluk hidup. Biologi juga menjadi dasar ilmu-ilmu terapan seperti ilmu pertanian dan kedokteran. Ruang lingkup biologi mencakup berbagai macam makhluk hidup dan makhluk hidup yang pernah hidup di masa lampau. Ilmu mempelajari seluruh kehidupan makhluk hidup di  uka bumi, baik makhluk hidup uniseluler maupun multiseluler. Objek kajian Biologi diklasifikasikan menjadi lima kingdom, yaitu Monera (Eubacteria dan Archaebacteria), Protista, Fungi, Plantae, dan Animalia.

Baca juga: Biologi sebagai Ilmu (Ruang Lingkup Biologi)

Objek Kajian Biologi

Hakikat biologi mencakup berbagai objek kajian biologi dalam tingkat organisasi makhluk hidup, dari yang paling sederhana hingga kompleks. Tingkatan tersebut sebagai berikut.

  1. Tingkat molekul
  2. Tingkat sel
  3. Tingkat jaringan
  4. Tingkat organ
  5. Tingkat sistem organ
  6. Tingkat Individu
  7. Tingkat populasi
  8. Tingkat komunitas
  9. Tingkat ekosistem
  10. Tingkat bioma
  11. Tingkat biosfer

Untuk menambah pemahaman Anda pada topik ini, terutama tentang objek kajian biologi, silahkan baca: Tingkat Organisasi Biologi.

Cabang-cabang Ilmu Biologi

Hakikat biologi memiliki ruang lingkup yang luas dan telah berkembang membentuk beberapa cabang ilmu. Berikut adalah contoh cabang-cabang ilmu Biologi dengan objek kajiannya.

  1. Anatomi
  2. Botani
  3. Ekologi
  4. Embriologi
  5. Entomologi
  6. Evolusi
  7. Fisiologi
  8. Genetika
  9. Histologi
  10. Mikrobiologi
  11. Taksonomi
  12. Zoologi

Masih banyak cabang lainnya. Lebih lengkap mengenai topik cabang-cabang biologi, silahkan baca: Cabang Biologi dan Apa yang Dipelajari. Ini akan menambah pemahaman Anda tentang “hakikat biologi sebagai ilmu”.

Peranan Biologi Bagi Kehidupan

Biologi telah memberikan sumbangan yang besar bagi kehidupan manusia dan lingkungan. Biologi telah dimanfaatkan untuk menghasilkan produk yang bermanfaat. Di bidang industri makanan, biologi dimanfaatkan untuk menghasilkan produk-produk makanan seperti roti, tapai, tauco, kecap, keju, dan lain-lain. Produk tersebut dihasilkan dengan menggunakan teknologi fermentasi oleh mikroorganisme tertentu seperti bakteri dan jamur. Di bidang kesehatan, biologi dimanfaatkan untuk menghasilkan produk obat dan vaksin. Di bidang pertanian dan peternakan, biologi berperan dalam menghasilkan bibit tanaman dan hewan yang berkualitas. Penjelasan lebih lengkap tentang peranan biologi silahkan baca artikel: Manfaat Biologi Bagi Kehidupan Manusia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.